27 Februari 2024

Mengenal dan Merawat Emperor Tetra

Bicara dan membahas jenis ikan tetra tidak ada habisnya, selain ikan keluarga siklit (cichlidae) jenis ikan dari keluarga tetra juga memiliki ragam yang banyak. Salah satunya adalah ikan yang akan kita bahas berikut ini.

Nematobrycon Palmeri, atau lebih di kenal dengan nama emperor tetra (Tetra Kaisar) merupakan ikan dari Kolombia barat. Mereka di temukan di lembah sungai Atrato dan San Juan. Dalam perdagangan global ikan ini sudah mulai sejak tahun 1960. Amerika Serikat merupakan negara pengimpor pertama.

Merupakan ikan yang termasuk mudah dalam perawatan dan sangat bersahabat, jika sobat lovedfish ingin mencari tambahan ikan untuk akuarium komunitas, ikan ini bisa menjadi list tambahan untuk di masukkan ke dalam akuarium.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Characidae

Jenis

N. palmeri

Deskripsi

Keindahan ikan emperor tetra pastinya ada di warna ikan yang bisa berubah tergantung dari pencahayaan dan media yang berada di akuarium. Warna ungu akan mendominasi mereka jika di rawat di akuarium dengan cahaya redup dan ada beberapa tanaman apung untuk menghalangi cahaya dari atas masuk, namun warna mereka bisa berubah menjadi kuning jika akuarium terlalu terang.

Memiliki bentuk tubuh yang panjang, ramping dan rata dengan panjang tubuh hingga lebih dari 7 cm saat dewasa ketika mereka di habitat. Saat mereka di rawat di akuarium rata-rata mereka tumbuh di 3-5 cm. Memiliki warna hitam dari belakang mata hingga pangkal ekor. Sirip punggung berbentuk sabit, bersama dengan sirip dada dan sirip dubur berwarna kuning.

Ikan emperor tetra jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari betina, dan sirip dubur emperor tetra jantan lebih panjang. Sedang di bagian ekor, sirip ekor jantan lebih runcing di bandingkan yang betina.

Ukuran Akuarium, Pompa Air dan Pencahayaan

Akuarium ukuran 90x30x40 perlu sobat siapkan untuk merawat mereka dalam tangki komunitas, jika sobat lovedfish hanya memelihara sedikit ikan tetra ukuran akuarium 50*30*35 sudah cukup ideal. Sebagai ikan yang suka menjelajah di bagian tengah akuarium, maka perlu di berikan ruang terbuka yang luas bagian tengah.

Pompa air tidak perlu yang menghasilkan arus besar, lebih tenang kondisi air akan lebih bagus untuk ikan emperor tetra. Sobat lovedfish bisa menggunakan mesin hang on seri 501 atau 502 untuk akuarium 50*30*35 atau ukuran mesin dengan arus sekitar 1000-1200 untuk akuarium ukuran 90*30*40.

seperti sudah di jelaskan di awal jika ikan emperor tetra bisa berubah warna tergantung pencahayaan, dan yang terbaik adalah sedikit cahaya dalam akuarium. Untuk itu sobat lovedfish bisa mengesampingkan cahaya dari lampu akuarium untuk merawat mereka.

Dekorasi Akuarium

Hal yang perlu di perhatikan dan di tambahkan ke dalam akuarium untuk membuat ikan merasa hidup di alamnya yaitu berupa kayu apung dan biarkan kondisi air agak gelap namun tetap jernih dari tanin yang di hasilkan dari pembusukan kayu. Tambahan tanaman air terutama tanaman apung untuk mengurangi cahaya masuk kedalam akuarium.

Substrat pasir lembut bisa di tambahkan, meskipun bukan faktor utama, karena emperor tetra merupakan ikan penghuni bagian tengah akuarium. Tambahan pasir lebih ke kesan atau suasana akuarium yang natural.

Sediakan banyak ruang terbuka di bagian tengah akuarium karena mereka merupakan ikan yang suka bergerak bebas terutama di bagian tengah akuarium.

Perawatan Ikan

Perilaku yang tenang dan damai tidak perlu perawatan dan teknik khusus untuk merawat mereka. Hal yang perlu di perhatikan pastinya ada pada faktor kebersihan akuarium. Tidak hanya ikan emperor tetra, hampir semua jenis ikan memerlukan air yang jernih dan terawat.

Mereka suka hidup bergerombol, jadi bagi sobat yang ingin merawat mereka setidaknya jangan membeli ikan emperor tetra 1 atau 2 ekor. Untuk mencegah mereka agresif atau justru stres karena sedikitnya koloni, dalam satu akuarium minimal ada 6 ekor emperor tetra atau lebih baik lagi minimal 10 ekor.

Jika parameter air terjaga, penggantian air di lakukan secara rutin pakan ikan di berikan pakan yang berkualitas, dekorasi akuarium biotape atau yang bisa membuat emperor tetra nyaman sudah cukup untuk merawat mereka dengan baik.

Kondisi Air

Suhu :  23 – 27 °C

pH : 5,0 – 7,5

Kekerasan : 18 – 215 ppm

Penyakit Ikan

Penyakit ikan umumnya bisa menyerang ikan yang kita rawat jika parameter air tidak terjaga stabil, media filter tidak rutin di bersihkan dan air juga jarang di ganti. Selain itu ikan baru yang membawa penyakit bisa juga menular ke ikan yang sudah lebih dahulu menghuni akuarium sobat lovedfish.

Untuk ikan emperor tetra atau jenis ikan tetra lainnya biasanya penyakit yang bisa dan mudah menyerang mereka seperti whitespot atau ada bintik putih di sebagian atau seluruh tubuh ikan. Whitespot ini merupakan parasit yang sering muncul ketika kebersihan akuarium tidak di jaga dengan baik.

Garam ikan, methylene blue merupakan stater pack yang ampuh untuk mengatasi penyakit tersebut. Selain white spot ada juga jenis jamur seperti kapas putih pada tubuh ikan. Hal ini bisa terjadi jika kualitas air tidak bagus. Untuk pengobatan hampir sama dengan white spot.

Makanan Ikan

Perpaduan makanan hewani dan nabati sangat bagus untuk emperor tetra, mereka merupakan jenis hewan omnivora. Pelet ikan yang di jual di pasaran sebenarnya sudah cukup untuk makan mereka. Akan tetapi perpaduan makan yang seimbang akan membuat pertumbuhan ikan lebih baik dengan kesehatan ikan tetap terjaga.

Makanan hidup seperti daphnia dan jentik nyamuk bisa di jadikan makanan utama pengganti pelet ikan, atau cacing kering, beku maupun yang masih hidup juga bisa di berikan. Pakan alami ini bagus untuk pertumbuhan ikan dan untuk fase berkembang biak yang dapat menghasilkan banyak burayak.

Pemberian pakan standar adalah 2-3 kali dalam sehari. Ingat selalu untuk tidak memberikan pakan berlebih yang justru tidak bagus untuk kondisi akuarium dan kesehatan ikan sendiri.

Perilaku Sosial

Emperor tetra merupakan ikan yang suka dan nyaman hidup berkelompok, mereka akan bermain bersama dan sang jantan biasanya akan saling bersaing untuk menarik perhatian betina. Dalam persaingan ini biasanya tidak akan berakibat fatal jika faktor ukuran akuarium cukup besar dan akuarium di desain dengan baik.

Dalam satu kelompok emperor tetra di akuarium setidaknya ada sekitar 6 ekor akan lebih baik lagi jika lebih dari 10 ekor. Dengan semakin besar kelompok ikan ini akan semakin membuat mereka nyaman dengan habitat mereka yang baru.

Mereka ikan damai yang memiliki warna kontras dengan kebanyakan ikan lainnya. Jika sobat lovedfish ingin mencampur mereka dengan ikan lain, selain sesama jenis ikan tetra, danio, rasbora, barb, dan jenis ikan-ikan kecil lainnya.

Ikan penghuni dasar seperti dontis, corydoras juga bisa di jadikan satu dengan mereka. yang membuat mereka tidak aman jika di campur dengan ikan yang memiliki ukuran yang besar, ini akan membuat emperor tetra seperti santapan untuk ikan-ikan besar.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: