4 Maret 2024

Mengenal dan Merawat Green Neon Tetra

Sama seperti artikel sebelumnya yang membahas jenis ikan tetra, kali ini penulis juga masih akan membahas salah satu ikan favorit terutama para scaper karena ikan yang satu ini sering di jadikan peliharaan di akuarium dengan banyak tanaman.

Neon Tetra Hijau merupakan ikan air tawar dari keluarga "Characidae" yang berasal dari hulu sungai Orinoco dan Negro di Amerika Selatan. Sungai atau hulu sungai Orinoco melewati negara Venezuela dan Kolombia. Sedangkan Negro Atau Rio Negro merupakan anak sungai Amazon yang berada di Brazil.

Di habitat asal mereka, aliran sungai cenderung lambat hingga sedang dengan vegetasi tumbuhan tapi sungai yang lebat dan cenderung menjorok ke tengah sungai sehingga menciptakan suasana teduh di sungai. Bagian dasar sungai biasanya berpasir dengan banyak ranting atau pohon tumbang serta akar pohon dan daun-daun kering.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Characidae

Jenis

P.simulan

Deskripsi

Green Neon Tetra

Green neon tetra sepintas mirip dengan kerabat dekatnya "Neon Tetra" bahkan jika di memperkhatikan dengan seksama orang akan berfikir ini adalah ikan neon tetra. Yang membedakan ikan Green Neon Tetra dan Neon Tetra adalah pada ukuran ikan green neon tetra lebih kecil dan bercak merah pada green neon tetra. Sobat lovedfish bisa lihat perbedaan kedua ikan dengan melihat gambar di atas dan di bawah ini.

Neon Tetra

Perbedaan selanjutnya ada pada area biru kehijauan di bagian atas ikan green neon tetra terlihat lebih cerah. Selanjutnya tubuh green neon tetra lebih ramping di bandingkan neon tetra. Panjang maksimal mereka hanya 3,5 cm, namun biasanya mereka hanya akan tumbuh sekitar 2-2,5 cm.

Dalam komunitas ikan hias, green neon tetra tidak se-populer neon tetra atau cardinal tetra meskipun ketiga ikan ini sangat mirip. Bahkan ada beberapa penggemar ikan hias menyebut green neon tetra dengan sebutan ikan neon tetra palsu.

Ukuran Akuarium, Pompa Air dan Pencahayaan

Ikan yang memiliki panjang tubuh hanya sekitar 25-35 mm maka tidak di perlukan akuarium yang besar, dengan menyediakan akuarium ukuran 40*25*30 sudah cukup untuk merawat sekelompok ikan neon tetra hijau.

Mengingat ukuran akuarium yang kecil, pompa air juga tidak memerlukan arus besar. Bahkan biasanya mereka yang merawat ikan ini menggunakan pompa air jenis hang on dengan seri 501-502. Pompa ini simple dan mudah di bersihkan.

Warna lampu putih biru atau warna lampu biru bisa meningkatkan dan memancarkan cahaya yang membuat warna ikan semakin indah dan bagus. Untuk keperluan cahaya tidak perlu terang yang penting ada pancaran cahaya untuk mempercantik akuarium.

Dekorasi Akuarium

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, kebanyakan orang yang memelihara ikan green neon tetra di simpan dalam akuarium aquascape yang berisi banyak tanaman, Jika sobat lovedfish ingin memelihara mereka perlu juga mendesain akuarium dengan banyak tanaman.

Untuk dasar akuarium, bisa menggunakan media pasir malang atau media tanam lainnya. Dasar akuarium berwarna gelap akan mempercantik green neon tetra. Tambahan akar dan kayu apung juga akan membuat ikan tenang berada di akuarium.

kayu apung atau batang pohon yang di biarkan mengambang maupun tenggelam juga bisa memberikan efek alami serta daun-daun kering untuk meningkatkan kadar tanin akuarium. Efek dari tanin akan membuat warna air kecoklatan. Ini sesuai dengan habitat green neon tetra di alam liar.

Perawatan Ikan

Green neon Tetra sensitif terhadap kondisi air yang berfluktuasi atau memburuk dan tidak boleh dimasukkan ke dalam akuarium yang belum matang secara biologis. Jadi sobat lovedfish perlu menyiapkan akuarium dengan baik terlebih dahulu sebelum memasukkan ikan ke dalam akuarium.

Pada dasarnya ikan green neon tetra merupakan ikan damai yang tidak memerlukan perhatian khusus namun beberapa faktor seperti kondisi air dan perubahan kualitas air perlu selalu di perhatikan apalagi jika ikan yang di pelihara di akuarium hasil dari alam liar bukan dari penangkaran.

Hal-hal pendukung yang perlu di perhatikan di antaranya tanaman air, pasir untuk dasar akuarium, daun kering atau batang pohon untuk meningkatkan kadar tanin serta filter akuarium yang sesuai.

Kondisi Air

Kondisi air di habitat asal green neon tetra biasanya bersifat asam dengan kekerasan dan konduktivitas karbonat yang dapat diabaikan. Air sunga berwarna kecoklatan akibat dari pembusukan daun dan ranting yang jatuh ke sungai sehingga membuat air Memiliki kadar tanin yang tinggi.

Rentang suhu yang di rekomendasikan untuk merawat green neon tetra di akuarium sangat tinggi antara 21 – 35 °C. sedangkan suhu di habitat asal mereka berkisar antara 24,6-35,2 °C (Marshall et al., 2011).

pH : 3,0 – 6,5

Kekerasan : 18 – 143 ppm

Penyakit Ikan

Penyakit umum terjadi pada ikan di sebabkan beberapa faktor, paling utama ada pada kondisi air yang tidak sesuai dengan yang di rekomendasikan untuk merawat ikan. Untuk parameter air ikan green neon tetra sudah di jelaskan di atas. Selain parameter air biasanya air yang kotor dan jarang di bersihkan juga akan mempengaruhi kesehatan ikan. Penambahan ikan baru yang membawa bakteri atau jamur juga bisa menyebabkan ikan lain tertular.

Stater pack untuk obat dan perawatan ikan biasanya dan yang sering di gunakan adalah untuk anti stress dan untuk membunuh bakteri atau jamur. Sobat lovedfish bisa menyediakan obat antibiotik ikan maupun garam ikan untuk menjaga kesehatan ikan.

Penyakit yang biasanya menjangkit atau meneyrang ikan green neon tetra sejenis parasit yang menyebabkan whitespot, Disease (Penyakita yang di sebabkan parasit), atau jamur ikan. Untuk jenis penyakit dan pengobatan ikan dapat sobat lovedfish baca artikelnya di sini.

Makanan Ikan

Omnivora kecil yang di alam liar green neon tetra akan berburu cacing, serangga, ganggang, plankton maupun krustasea kecil lainnya. Bahkan alga dan buah-buahan lunak yang jatuh juga akan menjadi makanan mereka.

Untuk merawat mereka di akuarium pastikan sumber makanan mereka berkualitas agar tetap terjaga kesehatan ikan dan warna ikan tetap cerah. Pakan alami baik hidup, beku maupun kering akan mereka makan. Pelet ikan butiran mikro juga dapat di jadikan makanan mereka.

Kombinasi-kan antara makanan pelet dan cacing, udang air asin, larva atau jentik nyamuk, daphnia, moina, artemia untuk tercukupinya vitamin dan protein yang dapat menjaga kesehatan ikan.

Perilaku Sosial

Ikan komunitas yang di sarankan untuk memelihara mereka minimal 10 ekor dalam satu akuarium. Jika kurang dari 10 masih bisa asalkan jangan kurang dari 5 ekor dalam 1 akuarium, mereka yang terbiasa hidup berkelompok akan saling menyerang satu dengan lainnya dan bisa menimbulkan kematian karena stress dengan komunitas yang sedikit.

Mengingat ukuran ikan yang kecil maka memelihara mereka dengan ikan lainnya tentunya yang memiliki ukuran kecil juga. Karakter ikan yang damai ini tidak cocok dengan beberapa ikan cichlid kerdil karena biasanya jenis ikan ini memiliki karakter galak.

Ikan-ikan yang bisa sobat lovedfish tambahkan ke akuarium untuk menemani green neon tetra di antaranya corydoras, lalius, udang hias air tawar seperti red cherry, amano dan lainnya. Mereka pastinya cocok juga dengan jenis ikan tetra lainnya.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: