6 Maret 2024

Mengenal dan Merawat Elongate glassy perchlet

Ikan kali ini yang akan kami bahas lebih merupakan ikan konsumsi di bandingkan ikan hias. Elongate glassy perchlet (Chanda Nama) salah satu ikan transparan dari keluarga Ambasidae. Ikan ini biasa di temukan di sawah yang tergenang air, kolam, sungai baik air tawar maupun air payau.

Dapat di temukan dan tersebar di berbagai wilayah Asia Selatan hingga Asia Tenggara, negara temppat di temukan-nya ikan tersebut mulai dari Pakistan, India, Nepal, Bangladesh, dan Myanmar. Mereka akan mudah dan biasa di temukan saat musim hujan.

Bentukan ikan ini mirip dengan ikan nila yang sama-sama di gunakan untuk ikan konsumsi. Selain untuk di makan mereka juga aktif memakan jentik nyamuk dan bisa di jadikan ikan penangkal malaria dan parasit.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Ambassidae

Jenis

Chanda Nama

Deskripsi

Ikan transparan yang satu ini cukup unik dan hanya akan sering muncul ketika banyak genangan air jernih di sawah, sungai atau genangan air kolam. Entah dari mana asal ikan ini, karena mereka memiliki jenis kelamin jantan atau tanpa jenis kelamin.

Memiliki tubuh transparan dengan panjang maksimal ikan hanya 11 cm. Mereka biasanya di panen untuk di jadikan lauk. Jika sobat lovedfish ingin memelihara ikan transparan sobat lovedfish bisa membaca artikelnya di sini. 

Makanan Ikan

Elongate glassy perchlet atau chanda nama merupakan ikan yang akti memakan parasit, jentik nyamuk, cacing bahkan sisik ikan lainnya juga akan mereka makan. Sebaiknya ikan yang satu ini tidak di pelihara di akuarium karene akan mengganggu ikan lainnya.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Latest
Next Post

0 comments: