1 April 2019

Membersihkan Akuarium Dengan Karbon Aktif

Cara Kerja Karbon Aktif – Anda pasti sudah biasa menemukan akuarium Anda keruh atau berbau? Sebenarnya dalam Aquascape, air keruh adalah tahap awal setup dan tentu saja itu adalah hal yang wajar. Namun, yang perlu Anda pertanyakan ketika umur tank sudah cukup lama, namun masih tetap keruh. Maka dari itu, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan atau menjernihkan air akuarium Anda, berbeda air berbeda juga caranya.



Dalam membersihkan air kolam biasanya yang digunakan adalah klorin, tawas, tembaga sulfat ataupun senyawa kimia PAC. Tetapi, bahan-bahan tersebut tidak baik digunakan untuk menjernihkan air akuarium karena tidak aman bagi tanaman dan ikan di dalamnya.

Sebagai alternatif lainnya yang bisa digunakan adalah karbon aktif untuk menjernihkan air di dalam akuarium. Cara ini sudah biasa digunakan oleh para pecinta ikan hias dalam membersihkan akuariumnya, namun masih jarang digunakan di dalam Aquascape.

Karbon aktif adalah senyawa organik yang memiliki sifat adorspsi, yaitu kemampuan untuk menyerap atau menarik partikel.

Cara Kerja Karbon Aktif Di Dalam Akuarium
Karbon aktif atau aktif karbon umumnya diletakkan pada media filter air dan bukan langsung di masukan ke dalam air akuarium, sehingga air yang melewati karbon aktif akan di-treatment. Dengan karbon aktif, partikel atau zat yang terkandung di dalam air akan diserap.
Semua jenis zat atau partikel halus termasuk nutrisi akan terserap oleh karbon aktif sehingga karbon aktif hanya cocok digunakan pada tahap awal penggunaan akuarium dan tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.

Dalam proses kerja karbon aktif sendiri, jika semakin lambat aliran air di dalam filter, maka semakin memberikan banyak waktu bagi karbon aktif untuk bekerja. Semakin lambat sebuah karbon aktif itu bekerja, hal ini menandakan diperlukannya penggantian karbon aktif. Penggantian karbon aktif dalam kurun waktu tertentu diperlukan karena partikel yang sudah terakumulasi akan mengurangi tingkat efektivitas karbon aktif dalam proses penyerapan.



Dalam pengunaan karbon aktif di dalam sebuah akuarium hanya bisa digunakan dalam jangka pendek, jadi bagi Anda yang ingin tetap bersih akuriumnya ada baiknya, Anda menggunakan filter air yang memiliki teknologi canggih yang didukung oleh karbon aktif yang bermutu tinggi dengan kualitas premium.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post