30 Juli 2021

Mengenal dan Merawat Ikan Texas Cichlid

Deskripsi

Texas Cichlid atau Herichthys cyanoguttatus, masih dalam anggota keluarga Cichlidae yang di alam liarnya di temukan di Texas selatan dan Meksiko utara, itu sebabnya ikan ini di beri nama texas. Berdasar dari daerah asalnya menjadikan ikan texas ini merupakan spesies cichlid alami yang berada di belahan bumi paling utara. Oh ya ikan texas ini merupakan satu-satunya ikan cichlid yang berasal di Amerika Serikat.
Dengan perawatan yang baik di akuarium ikan Texas bisa bertahan hidup hingga 13 tahun. Sedangkan panjang mereka bisa sampai 33cm. Untuk merawat mereka di butuhkan akuarium yang cukup besar mengingat ukuran ikan texas dewasa bisa mencapai 33cm.
Kebanyakan ikan texas ciclid yang beredar di Indonesia berbentuk bulat dan tidak memanjang, ada sebagian orang yang mengira bahwa texas cichlid ini merupakan ikan louhan. Karena memang bentuknya mirip dengan ikan louhan apalagi jenis louhan bonsai.

Kesulitan Merawat Ikan Texas Cichlid

Ikan Texas Cichlid tidak terlalu sulit untuk di rawat, yang perlu di perhatikan adalah bahwa mereka ikan yang agresif seperti kebanyakan ikan cichlid lainnya. Meskipun bukan ikan predator akan tetapi perlu hati-hati dengan campuran ikannya. Ini akan di bahas di bagian akhir nanti.
Ikan texas cichlid bukanlah ikan yang berkelompok dan dengan ikan yang lainnya mereka juga sulit bergaul. Jika memelihara di akuarium dan biasa berinteraksi dengan pemiliknya mereka akan mudah mengenali pemiliknya dan akan mendekat kedepan akuarium jika melihat pemiliknya datang dan waktunya makan.
Di dalam akuarium jika terdapat pasir atau batu kerikil di bagian dasar mereka suka bermain dan menggali pasir untuk tempat bersembunyi, itu makanya mereka tidak cocok di tempatkan di akuascape. Perilaku ikan texas cichlid yang aktif dan suka berenang juga harus menyediakan banyak ruang terbuka di dalam akuarium.

Makanan Ikan Texas Cichlid

Ikan Texas Cichlid termasuk ikan omnivora yang akan memakan daging dan tumbuhan, namun tetap mau makan pelet ikan. Kombinasi makanan sangat di perlukan untuk menjaga selera makan ikan. Sama halnya seperti kita jika setiap hari makan makanan yang sama pasti akan bosan begitu juga dengan ikan yang kita rawat.
Dalam merawat mereka di akuarium sesekali ikan di beri makanan hidup seperti cacing, jentik nyamuk, udang rebon atau ebi sebagai variasi makanan selain pelet ikan. sayur-sayuran segar juga di makan. Berikan pakan sedikit saja untuk di habiskan dalam 5 menit. Cukup berikan mereka pakan 2 kali sehari.
Ikan Texas Cihlid termasuk ikan yang kuat jadi tidak perlu suplemen tambahan, hanya makanan bergizi sudah cukup. Spirulina bubuk juga bisa di kombinasikan untuk mereka. Sesekali ikan di ajak puasa juga bagus untuk kesehatan ikan.

Perawatan Akuarium Untuk Ikan Texas Cichlid

Akuarium ukuran minimal 200 liter atau akuarium dengan ukuran 100x50x50 dengan ketinggian air 40cm merupakan ukuran standar akuarium untuk merawat texas cichlid meskipun mereka bisa di rawat di dalam akuarium yang lebih kecil. 
Akuarium dengan pompa arus deras sangat nyaman untuk texas cichlid karena mereka rentan dengan sampah organik yang ada di sekitar mereka. Dengan arus deras ini akan lebih mudah di aplikasikan kedalam akuarium dengan tempat filter di dalam akuarium atau biasa di sebut akuarium filter samping, akuarium filter belakang. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di gambar di bawah ini.
Akuarium desain filter belakang
Untuk perawatan akuarium standar seperti merawat akuarium ikan-ikan lain cukup membersihkan media filter 3-4 minggu sekali tergantung jumlah ikan yang di pelihara serta ukuran dan jenis media filternya. Jangan lupa untuk mengganti air baru sekitar 10-20% setiap seminggu sekali.
Suhu air di antara 20-24°C merupakan suhu ideal untuk mereka sedangkan kadar pH air normal untuk texas cichlid berada di kisaran 6,5-7,5 untuk mendapatkan kadar pH normal bisa di lakukan dengan mengganti air secara berkala. Kesadahan air 12 dGH.

Pengaturan Akuarium Untuk Ikan Texas Cichlid

Jika suka aquascape dan akuarium yang ada di desain dengan model ini jangan berharap desain akuarium aman karena texas cichlid suka menggali pasir dan mencabut tanaman yang tumbuh.
Akuarium dengan dasar'an pasir berbatu halus akan membuat nyaman mereka, tambahkan juga kayu apung untuk alsesoris atasnya. Ini sesuai dengan tempat yang membuat mereka nyaman di habitat asal mereka. Tidak perlu pencahayaan yang terlalu terang untuk merawatnya.

Perilaku Sosial Ikan Texas Cichlid

Ada rencana memelihara ikan texas chiclid? Sayangnya sikap Texas cichlid yang tidak ramah membuat mereka menjadi pilihan yang tidak mungkin untuk tangki komunitas. Di alam liar mereka biasanya menjalani gaya hidup menyendiri, hanya menemukan pasangan untuk kawin.
Ikan Texas Cichlid sangat di rekomendasi-kan di pelihara di akuarium yang besar jika ingin di campur dengan ikan lain. Jika mereka di pelihara sejak kecil atau usia anakan tingkat agresif ikan akan berkurang. Pada saat Texas Cichlid masih kecil, mereka harus di pelihara dengan ikan-ikan yang tidak agresif agar sifat agresif-nya tidak tumbuh. Namun, ketika mereka tumbuh dewasa biasanya sifat mereka akan cepat berubah.
Sediakan akuarium ukuran besar dan rawat ikan texas cichlid sedari kecil dengan di campur ikan-ikan yang tidak galak atau agresif merupakan solusi jika ingin melunakkan sifat agresif mereka. Campuran ikan yang cocok seperti oscar, dolar, balashark, tiger catfish, red tail catfish, kaviat dan pinktail.

Referensi Artikel :
https://www.fishkeepingworld.com/texas-cichlid/
https://www.thesprucepets.com/texas-cichlid-1381278
https://en.wikipedia.org/wiki/Texas_cichlid
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: