11 September 2023

Mengenal dan Merawat Glowlight Tetra

Glowlight Tetra berbeda dengan ikan glofish tetra ya sobat lovedfish, meskipun sama-sama jenis ikan tetra akan tetapi glowlight tetra bukan ikan hasil rekayasa seperti glofish tetra. Di kenal juga dengan nama neon api ikan yang berasal dari Amerika Selatan, tepatnya dari sungai Essequibo di Guyana.


Sungai Essequibo merupakan sungai ter panjang di Guyana dan ikan glowlight tetra biasanya di temukan di kawasan hutan dan anak sungai di luar jalur utama sungai. Air di sini biasanya berwarna coklat tua dengan tanin dari bahan organik yang membusuk dan akibatnya seringkali sangat asam.

Glowlight Tetra memiliki karakter perenang aktif, dengan tubuh transparan dan penuh warna. Nilai plusnya lagi dari ikan dengan nama ilmiah "Hemigrammus Eritrozonus" mudah di rawat dengan kondisi air dan akuarium yang sederhana.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Characidae

Jenis

Hemigrammus Eritrozonus

Deskripsi

Sebelum di beri nama Hemigrammus erythrozonus, pada awalnya ikan ini di beri nama Hemigrammus gracilis, ikan yang sekarang sudah banyak di pasaran merupakan hasil penangkaran bukan dari habitat asal. Mereka pertama kali di perkenalkan ke perdagangan akuarium pada tahun 1933. Asia dan Jerman merupakan negara pemasok utama Glowlight Tetra.

Warnanya perak dan garis oranye terang hingga merah memanjang dari moncong hingga pangkal ekornya, bagian depan sirip punggung memiliki warna yang sama dengan garis tersebut. Sirip lainnya berwarna perak hingga transparan.

Ikan asal Indonesia dan Malaysia yang mirip dengan Glowlight Tetra adalah Rasbora pauciperforata (Glowlight Rasbora) atau biasa juga di kenal dengan red line rasbora, red strip rasbora meskipun memiliki kemiripan dari bentuk dan warna, namun ikan yang berasal dari Indonesia tersebut masuk dalam golongan rasbora (keluarga Cyprindae) bukan tetra (keluarga Characidae).

Glowlight Tetra aka Neon Api dapat tumbuh hingga 5cm dengan masa hidup hingga 4 tahun dengan perawatan dan kondisi akuarium yang baik. Biasa hidup berkelompok dengan minimal 5 ekor untuk di jadikan satu komunitas akuarium.

Ukuran Akuarium, Pompa Air dan Pencahayaan

Akuarium dengan kapasitas 70 liter atau ukuran sekitar 60*35*35 sudah cukup untuk menampung Glowlight Tetra hingga 15-20 ekor atau di campur dengan ikan lainnya. Mengingat ukuran mereka yang kecil maka tidak di perlukan akuarium yang besar.

Seperti di jelaskan sebelumnya jika Glowlight tetra di temukan di anak sungai yang pastinya memiliki arus lambat, maka untuk penggunaan pompa air juga di sesuaikan dengan ukuran akuarium. Jika mengacu pada ukuran akuarium di atas 60*35*35 maka pompa air dengan kekuatan arus antara 800-1200 liter per jam sudah cukup di gunakan untuk akuarium sobat lovedfsih.

Pencahayaan yang terang bukan pilihan yang tepat untuk glowlight tetra karena akan menyamarkan warna indah dari ikan ini. Seperti nama lain dari glowlight yang juga biasa di sebut neon api, kondisi akuarium gelap justru cocok untuk mereka.  

Dekorasi Akuarium

Tema akuarium gelap membuat glowlight tetra nyaman. Sesuai namanya "Glowlight" atau dapat di artikan cahaya terang, bercahaya, bersinar. Substrat pasir malang halus warna hitam, atau kerikil kecil warna hitam bisa juga di jadikan media dasar akuarium.

Tambahkan beberapa tanaman dan kayu apung untuk meningkatkan kondisi akuarium terlihat alami. Tetap sisakan ruang terbuka di bagian tengah akuarium sehingga tidak menghalangi mereka berenang bebas di akuarium.

Seperti di jelaskan sebelumnya jika glowlight tetra senang di perairan dengan kadar asam dan mengandung tanin, sobat lovedfish juga bisa menambahkan tanin untuk melembutkan dan menggelapkan air.

Tanin adalah suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, berasa pahit dan kelat, yang bereaksi dengan dan menggumpalkan protein, atau berbagai senyawa organik lainnya termasuk asam amino dan alkaloid.Tanin dapat ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu, seperti teh, kopi, coklat, dan wine. "wikipedia"

Sobat lovedfish bisa mengeksplore akuarium untuk glowlight tetra dengan berbagai parameter air, karena mereka lebih tahan dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air.

Kondisi Air

Kondisi air dengan rentan suhu 75-82°F atau 24-28°C cocok untuk merawat neon api tetra dengan tingkat pH air berada di kisaran 5,5-7,5. Meskipun kondisi air sedikit basa, mereka masih mampu bertahan hidup bahkan warna neon api bisa lebih cemerlang, akan tetap perlu di perhatikan dengan ikan lain jika sobat lovedfish ingin memelihara mereka dengan ikan lainnya. Tidak semua ikan mampu bertahan hidup dengan baik di kondisi air basa atau sedikit asam.

Tingkat kekerasan air yang aman untuk memelihara mereka di antara 2-15°H. Untuk menjaga kualitas air tetap baik pastikan sobat lovedfish untuk mengganti air 10-25% seminggu sekali dan lakukan kuras 

Penyakit Ikan


Meskipun cenderung kuat dengan berbagai kondisi dan parameter air, tetap saja Glowlight tetra merupakan makhluk hidup yang bisa juga terserang penyakit. Pada umumnya penyakit ikan di sebabkan dari limbah makanan yang tidak habis di makan ikan, kualitas air yang buruk akibat filterasi kurang maksimal atau jarang di bersihkan, bisa juga karena air tidak pernah di ganti.

Beberapa jenis bakteri busuk sirip, parasit Ich, virus atau inveksi jamur yang mungkin bisa menyerang glowlight tetra. Penyakit tersebut jika sudah menyerang ikan maka penyebarannya akan sangat cepat. Bahkan dalam semalam beberapa ikan bisa mati jika tidak langsung di tangani dengan tepat. Adapun penanganan dan jenis obat yang diperlukan sesuai dengan penyakitnya sebagai berikut.

Jika ikan sobat lovedfish terkena busuk sirip kemungkinan karena kondisi air yang buruk atau tertular dari ikan yang baru di masukkan ke akuarium tanpa di karantina terlebih dahulu. Sesuai namanya penyakit ini menyerang sirip ikan, sirip ikan akan berubah warna menjadi coklat kemerahan dan area yang terkena bakteri ini akan terlihat seperti tertutup spora berwarna hitam atau coklat. Penyakit ini sangat menular dan perlu di obati dengan antibiotix, biasanya obat ini bebentuk cair atau serbuk dan berwarna kuning ketika di masukkan ke dalam air. Pemakaian garam ikan juga efektif mengurangi bakteri ini.

Parasit Ich sangat menular dan sering menjadi langganan penyakit ikan terutama perubahan suhu air yang drastis atau suhu air terlalu dingin. Parasit ini akan menempel ditubuh ikan dan menghisap cairan tubuh ikan. Tanda-tanda yang jelas terlihat dari penyakit ini adalah adanya bintik-bintik putih di sebagian atau seluruh tubuh ikan. Penyebaran parasit ini juga cukup cepat, obat yang tepat untuk penyakit ini adalah methalyne blue dan garam ikan.

Infeksi jamur dapat terjadi pada ikan yang berada di lingkungan dengan air yang tidak pernah di ganti atau ikan stres. Untuk infeksi jamur biasanya dapat di lakukan dengan menguras dan mengganti air serta tambahkan obat anti biotik dan anti stres pada ikan.

Makanan Ikan

Salah satu yang membuat glowlight tetra sebagai rekomendasi untuk pemula salah satunya juga dari segi makanan ikan. Mereka merupakan omnivora yang tidak "ribet" masalah makanan. Algae atau tumbuhan dan hewan kecil bisa jadi makanan mereka.

Larva lalat atau maggot, larva serangga, kutu air dan algae merupakan makanan alami mereka di alam liar. Dengan makanan alami tersebut dapat meningkatkan kekebalan dan membuat warna ikan menjadi lebih menarik.

Ketika sobat memelihara glowlight tetra di akuarium pilihan pelet ikan bisa di jadikan makanan untuk mereka, namun ada baiknya di kombinasi dengan makan hidup atau beku sesuai makanan mereka di habitat asal.

Pastikan tidak memberikan pakan berlebih terutama pakan alami yang sudah mati (beku atau kering) yang justru dapat menjadikan parasit, jamur atau bakteri untuk ikan dan pastinya mengganggu kesehatan ikan sendiri. idealnya pemberian pakan untuk ikan adalah 2-3 kali sehari untuk di habiskan dalam 5-10 menit.

Mulut ikan Glowlight tetra juga cenderung kecil jadi pastikan ukuran pakan ikan sesuai dan dapat mudah masuk ke mulut ikan.

Perilaku Sosial

Glowlight tetra merupakan ikan koloni atau berkelompok yang senang dengan jenis yang sama setidaknya sediakan 5-6 ekor ikan glowlight tetra dalam 1 akuarium atau lebih itu akan membuat mereka nyaman dan tidak mudah stres. Mereka aktif bergerak dan biasanya mereka bermain di bagian dasar akuarium dan bersembunyi di antara tanaman atau batang kayu yang ada di sudut akuarium.

Beberapa jenis tetra lainnya yang memiliki ukuran yang kurang lebih sama juga aman di pelihara dengan mereka, selain ikan dari keluarga tetra, beberapa ikan kecil lainnya seperti zebra danio, corydoras, platy, molly, botia, sumatra juga aman dengan mereka. Ikan yang bergerak lambat atau sirip panjang juga aman dengan glowlight tetra.

Ikan yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar tentunya harus di hindari apalagi ikan predator seperti oscar, arwana, atau ikan jenis cichlids. Bahkan ikan manfish atau angelfish juga tidak cocok dengan glowlight tetra. Ikan yang memiliki karakter perenang aktif seperti kaviat juga tidak cocok untuk di jadikan satu akuarium.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Hemigrammus_erythrozonus
https://www-seriouslyfish-com/species/hemigrammus-erythrozonus
https://www-fishkeepingworld-com/glowlight-tetra
https://www-thesprucepets-com/glowlight-tetra-1381833
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: