11 Oktober 2023

Mengenal dan Merawat Datnioides Microlepis

Salah satu keberagamaan flora dan fauna yang ada di Indonesia akan membuat sobat lovedfish bangga untuk tinggal di Indonesia. Ribuan jenis fauna ada di negeri ini baik yang hidup di udara darat dan air. Salah satu Fauna yang akan kami bahas dalam artikel kali ini adalah ikan Datnioides Microlepis "Indonesian Tiger Perch". Ikan ini jauh berbeda dengan ikan sidat ya sobat lovedfish.

Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan merupakan salah satu tempat di temukan ikan datniodes ini. Selain di Indonesia ikan Datnoides juga di temukan di Semenanjung Malaya antara Malaysia dan Thailand.

Salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi terutama untuk pasar ekspor, sayang sekali pemenuhan ekspor ikan ini masih banyak mengandalkan hasil tangkapan liar yang bisa mengganggu ekosistem dan keberadaan ikan itu sendiri.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Datnioididae

Jenis

Datnioides Microlepis

Deskripsi

Ikan Datniodes Microlepis Juga di kenal dengan nama Indonesian Tigerfish atau ikan harimau Indonesia, Indo Datmoid, Indonesian Tiger Perch, Finescale Tigerfish. Nama yang "tiger" atau "harimau" mengacu pada perpaduan warna ikan yang mirip warna harimau. Perpaduan corak warna kuning hitam tegas dari atas ke bawah.

Sirip punggung ikan memiliki ruas jari-jari berjumlah 12 hingga 18 ruas atau cabang, Sedangkan sirip bagian anus memiliki ruas atau cabang antara 9-11. Tubuh ikan yang lebar dan panjang dengan usia dewasa bisa mencapai panjang hingga 50cm bahkan bisa lebih, berat badan maksimal yang pernah di publikasi-kan mencapai 10kg. Biasanya ikan Datniodes Microlepis yang di jual di pasaran masih usia remaja dengan rentan ukuran 8-10cm.

Dari beberapa artikel yang penulis baca, ikan Datnioides Microlepis yang ada di pasaran bukan hasil penangkaran tetapi di tangkap langsung dari alam liar. Ini memberikan tantangan tersendiri karena ketika ikan dari alam liar di bawa ke akuarium memerlukan adaptasi lebih. Biasanya ikan akan mudah stress dan tidak mau makan.

Di habitatnya Datnioides Microlepis merupakan penghuni sungai yang besar dan dalam di dataran rendah akan tetapi tidak memasuki daerah payau atau mendekati laut. Tempat yang teduh atau hutan dengan genangan air pada saat musim hujan juga menjadi habitat mereka.

Ukuran Akuarium, Pompa Air dan Pencahayaan

Ikan Datnioides Microlepis dewasa yang bisa mencapai ukuran hingga 50cm dengan lebar sekitar 20cm tentunya memerlukan akuarium ukuran besar, setidaknya akuarium ukuran 200*70*70 perlu sobat lovedfish siapkan untuk memelihara mereka.

Limbah atau kotoran yang di hasilkan ikan Datnioides Microlepis cukup banyak, sehingga sobat memerlukan pompa air yang cukup besar agar kotoran di akuarium bisa cepat terbuang ke dalam filter akuarium. Media filter ekternal lebih di sarankan di bandingkan media filter internal. Untuk akuarium ukuran di atas bisa menggunakan pompa air dengan arus minimal 2000 liter per jam.

Lampu akuarium biasanya di gunakan untuk mempercantik tampilan akuarium, namun untuk merawat Datnioides Microlepis tidak di perlukan cahaya terang karena mereka suka dengan suasana gelap dan akan lebih nyaman dengan suasana itu.

Dekorasi Akuarium

Tanaman air bukan hal utama untuk merawat Datnioides Microlepis akan tetapi beberapa tanaman seperti sirih gading yang tidak memerlukan media pasir bisa di tambahkan. Beberapa kayu apung atau penutup bagian atas bisa juga tambahkan. Desain aksesoris akuarium sehingga keadaan tampak alami dan gelap. Batu-batu yang agak besar untuk tebing akan mempercantik akuarium.

Kondisi Air

Air dengan rentang suhu antara 20 – 28 °C akan membuat mereka nyaman di akurium, gunakan pemanas air tambahan untuk menjaga suhu stabil ketika musim dingin atau musim hujan. Sebaiknya heater di tempatkan di bagian filter external jangan langsung di dalam akuarium.

pH air di kisaran 5,5 – 7,5 dan Kekerasan 36 – 268 ppm. Untuk merawat Datnioides Microlepis tidak di perlukan penambahan garam ikan yang biasanya di gunakan penghobi untuk memelihara ikan koi dan ikan-ikan lain. Cukup jaga parameter air tetap stabil akan membuat mereka nyaman di akuarium.

Penyakit Ikan

Ikan predator kebanggaan Indonesia yang satu ini merupakan ikan yang memiliki daya tahan tubuh cukup bagus, hanya saja karena mereka yang di jual bukan hasil budidaya biasanya masalah utama ikan mudah stress ketika di pindah dari akuarium satu ke akuarium lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut sobat lovedfish bisa mencoba daun ketapang kering yang di rendam kedalam akuarium serta obat anti stress atau obat karantina. Jangan lupa desain akuarium semirip mungkin dengan habitat asal ikan Datnioides Microlepis, karena dengan mereka tinggal di tempat yang mirip dengan habitat mereka akan membuat mereka sedikit lebih nyaman.

Selain stress penyakit ikan standar karena bakteri atau jamur tidak terlalu sering menyerang Datnioides Microlepis asalkan kondisi akuarium bersih dan bebas dari kotoran seperti sudah di jelaskan sebelumnya.

Makanan Ikan

Predator air tawar ini hanya akan memakan daging. Dengan mulutnya yang menonjol serta agak lebar, mereka dapat dengan mudah menggali lumpur untuk mencari cacing di alam liar, mereka juga biasa makan udang bahkan ikan kecil atau serangga air. Begitu pula jika sobat merawat mereka di akuarium perlu makanan yang sama. Makanan berupa udang, maggot atau cacing yang di keringkan tidak di rekomendasikan untuk mereka meskipun kadang-kadang mereka akan memakannya jika kondisi lapar.

Meskipun ikan Datnioides makan daging tidak di sarankan juga makan daging mamalia atau unggas seperti jantung sapi atau ayam karena beberapa lipid yang terkandung di dalamnya tidak dapat dimetabolisme dengan baik oleh ikan dan dapat menyebabkan timbunan lemak berlebih dan bahkan degenerasi organ.

Di alam liar mereka mentolelir makan ikan kecil namun ketika sobat merawat Datnioides di akuarium sebaiknya jangan berikan ikan kecil atau ikan pakan yang mungkin membawa parasit atau penyakit, dan ikan-ikan pakan tersebut cenderung tidak memiliki gizi yang cukup untuk Datnioides. Cukup dengan memberikan Datnioides cacing, udang hidup atau udang basah, kerang. Berikan pakan sehari sekali atau kalau sudah cukup dewasa Datnioides menerima makan dua hari sekali.

Perilaku Sosial

Karakter ikan Datnioides mirip dengan ikan oscar yang ketika masih muda mereka aman untuk di pelihara secara berkelompok, namun ketika sudah menginjak usia dewasa mereka cenderung agresif bahkan dengan sesama Datnioides. Lebih baik Datnioides dewasa di pelihara sendiri atau jika ingin di campur sesama Datnioides setidaknya dalam satu akuarium ada 5 individu atau lebih.

Mereka dapat dipelihara bersama ikan berukuran sama jika tersedia ruang yang cukup, namun mungkin terintimidasi oleh spesies teritorial atau spesies pesaing yang lebih agresif. Kehidupan Datnioides lebih sering di habiskan di akuarium bagian tengah dan atas, mungkin ikan seperti RTC bisa di jadikan teman akuarium yang karakternya agresif namun lebih suka tinggal di dasar akuarium.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Datnioides
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Datnioides_microlepis
https://www.seriouslyfish.com/species/datnioides-microlepis/
https://www.fishbase.se/summary/14506
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: