28 Mei 2021

Fungsi dan Manfaat Garam Ikan, Serta Takarannya

Selamat datang di blog lovedfish.com. Sobat pencinta ikan hias dan para pembudidaya ikan hias pasti sudah mengenal berbagai manfaat yang di dapat dari garam ikan. Garam ikan merupakan garam murni (NaCl) yang berbentuk kristal kasar berwarna putih dan garam ini khusus untuk ikan hias bukan untuk memasak, karena garam yang biasa di gunakan untuk memasak sudah ada tambahan yodium. Garam ikan efektif untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit ikan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

https://www.theguardian.com/environment/2017/sep/08/sea-salt-around-world-contaminated-by-plastic-studies
www.theguardian.com
Manfaat Garam Ikan:

Membantu Sistem Osmoregulasi

Ketika ikan bernafas melalui insangnya akan memompa air masuk ke dalam ikan melalui insangnya. Proses keluar masuk air melalui insang ini biasa di sebut dengan osmosis. Sedangkan Osmoregulasi adalah proses mengatur konsentrasi cairan dan menyeimbangkan pemasukan serta pengeluaran cairan tubuh oleh sel atau organisme hidup. Proses osmoregulasi diperlukan karena adanya perbedaan konsentrasi cairan tubuh dengan lingkungan disekitarnya

Yang perlu sobat ketahui kadar garam pada tubuh ikan lebih tinggi di bandingkan dengan lingkungannya. Jika ikan di paksa terus menerus menyeimbangkan kadar garam ikan dengan lingkungan sekitarnya akan membuat ikan mudah sakit, stres dan akhirnya mati. Itu kenapa perlu adanya tambahan garam ikan pada kolam atau akuarium sobat yang berguna untuk membantu ikan menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh ikan dan lingkungannya.

Sebagai antiseptik, Parasit dan Anti Jamur

Garam ikan juga sangat bermanfaat untuk membunuh dan mencegah parasit dam jamur berbagai jenis parasit ikan maupun jamur ikan dapat di cegah dengan menaburkan garam ikan ke kolam maupun akuarium. Dengan hilangnya parasit dan jamur di lingkungan ikan secara otomatis akan m embantu menjaga daya tahan tubuh ikan yang sobat pelihara.

Garam ikan juga bermanfaat untuk mengobati ikan yang sudah terlanjur sakit karena bakteri, parasit maupun jamur. 

Menyeimbangkan kadar pH Air

Dengan takaran garam ikan yang tepat mampu untuk menyeimbangkan kadar pH air. Perlu sobat ketahui kadar pH yang berlebih maupun terlalu asam tidak bagus untuk ikan-ikan yang sobat pelihara, nah dengan menaburkan garam ikan ini mampu menjaga kondisi pH air stabil.

Takaran Garam Ikan

Setelah mengetahui manfaat gram untuk ikan yang sobat pelihara lantas berapa takaran yang tepat untuk kolam maupun akuarium sobat. Untuk takaran standarnya biasanya 1kg garam ikan bisa di gunakan untuk 1000 liter air, akan tetapi kita tidak tahu kadar garam dalam air kolam atau akuarium.

Saya sendiri biasanya menambahkan garam ikan setengah dari ukuran garam ikan yang di anjurkan pada saat mengisi air baru dalam kolam setelah di kuras. Porsi garam yang saya tambahkan dapat di ketahui dengan menghitung volume air yang saya masukkan ke dalam kolam. Contohnya kolam saya berukuran panjang 200cm Lebar 100cm tinggi 70cm, sedangkan air baru yang saya tambahkan sekitar 50cm. Saya gunakan rumus menghitung volume air yang saya (200*100*50)/1000=1000liter. Dari hasil perhitungan di atas biasanya saya gunakan garam ikan 500gram.

Perhitungan di atas pribadi saya gunakan ke dalam kolam saya dan alhamdulillah ikan-ikan aman, mungkin sobat pencinta ikan hias ada pengalaman yang lebih baik lagi bisa neh berbagi di kolom komentar agar menjadi wawasan tambahan bagi penulis dan sesama sobat pencinta ikan hias lainnya.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi terimakasih sudah mengunjungi blog kami. 

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: