3 Mei 2021

Fungsi dan Manfaat Pompa Air Kolam atau Aquarium

Selamat datang dan terimakasih sudah berkunjung ke blog lovedfish.com. Pompa air atau water pump atau biasa juga di sebut powerhead merupakan bagian penting dan utama untuk kolam maupun aquarium sobat pencinta ikan hias. Tanpa adanya Pompa air dapat mengakibatkan ikan-ikan yang sobat pelihara mati karena kekurangan oksigen, meskipun ada beberapa jenis ikan hias yang mampu bertahan tanpa oksigen.
Yap manfaat yang di dapat dengan adanya pompa air adalah pompa air atau water pump mampu meningkatkan kadar oksigen dalam aquarium atau kolam sobat. kadar oksigen yang bagus akan memberikan kehidupan selain bagi ikan hias sobat juga untuk bakteri, koral maupun tanaman air yang ada di dalam aquarium atau kolam sobat. Apakah hanya itu saja manfaatnya? Tentu saja tidak jawabannya. Ada fungsi lain dari pompa air.

Sobat pencinta ikan hias pasti senang melihat aquarium atau kolam yang ada di rumah terlihat jernih airnya. Nah fungsi dari pompa air adalah mengalirkan air, perpaduan antara pompa air, pipa atau selang, chamber atau tempat filter plus media filter akan menghasilkan sirkulasi yang baik untuk membersihkan partikel penyebab air keruh baik dari kotoran ikan, sisa pakan maupun kotoran lainnya. Untuk menentukan ukuran pompa air yang tepat untuk kolam sobat bisa baca artikelnya di sini.

Selain 2 manfaat di atas, sobat juga dapat menggunakan pompa air pada saat akan menguras kolam maupun aquarium. Sudah paham ya bagaimana caranya menggunakan pompa air untuk menguras kolam atau aquarium sobat? hehehe.

Jika Sobat ingin membuat efek air terjun di kolam atau pasir terjun untuk aquascape pompa air memiliki peran penting pastinya. Sudah pernah melihat aquascape dengan efek pasir putih atau silika terjun? Jika belum tunggu updatean terbaru nanti admin buatkan video tutorialnya atau sobat bisa browsing di youtube sudah banyak yang membuat tutorialnya.

Artikel lain untuk di baca :
Setelah sobat mengetahui fungsi dan manfaat pompa air atau water pump, berikut tips buat sobat memilih pompa air yang pas, cocok dan sesuai untuk ukuran aquarium sobat pencinta ikan hias. Sobat bisa klik link di bawah untuk mengetahui cara menentukan ukuran mesin yang sesuai.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

1 comments:

Agung Teknik Pompa Bali mengatakan...

Agung Teknik Pompa Bali ,yang bergerak dibidang Penjualan, Perbaikan & Instalasi Pompa Air Industri & Domestic yang terlengkap dan terpercaya.

Jenis-jenis pompa air yang tersedia di Agung Teknik Pompa Bali sangat beragam jenisnya. Jika sebuah rumah masih mengandalkan sumur sebagi sumber airnya, maka penggunaan pompa sangat perlu diperhatikan karena air adalah kebutuhan rumah tangga. Umumnya air digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk konsumsi (makan/minum) dan untuk sanitasi (mandi, cuci, kakus). Air untuk keperluan rumah tangga didapat langsung dari sumber air yang digali (sumur) ataupun pasokan air dari PDAM. Untuk mengalirkan air secara merata ke seluruh area rumah seperti tangki air (tandon), keran-keran air dan kamar mandi, diperlukan tekanan yang cukup. Untuk itulah kita menggunakan pompa air.

Pompa adalah alat yang digunakan untuk memindahkan cairan (fluida) dari suatu tempat ke tempat yang lain, melalui media pipa (saluran) dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung terus menerus.

Pompa air digerakkan secara manual ataupun dengan energi listrik.

Ada empat jenis pompa air yang digunakan untuk rumah tangga yaitu:


1. Pompa air sumur dangkal
Pompa air jenis ini digunakan untuk penggunaan ringan. Pompa air sumur dangkal hanya memiliki daya hisap maksimal untuk kedalaman 9 meter saja.


2. Pompa air sumur dalam
Pompa air ini digunakan untuk menghisap air dengan kedalaman lebih dari 9 meter. Ciri utama dari pompa air sumur dalam adalah adanya Jet Injector yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap. Pompa air sumur dalam terdiri dari pompa air semi jet (semi jet pump) dan pompa air jet (jet pump). Perbedaan utama dari keduanya adalah pada keberadaan tabung yang dapat menambah kekuatan pada daya hisap dan daya pancar pompa jet. Pada pompa air jet terdapat tabung, sedangkan semi jet tidak.


3. Pompa celup
Sesuai dengan namanya adalah pompa air yang bekerja dengan cara dicelupkan ke dalam air. Daya pancar air maksimal yang dapat dihasilkan dari pompa celup berkisar 5 meter sesuai tipe pompa celup yang digunakan.


4. Pompa Booster
Umumnya cara pasang jet pump pompa air dipasang dekat atau di dalam sumber air. Pompa booster dipasang di tengah instalasi pipa air. Hal ini karena pompa booster adalah pompa air penunjang yang berfungsi untuk memperkuat daya pancar aliran air di dalam instalasi pipa air dalam rumah. Pompa ini digunakan jika daya pancar air dirasa masih kurang optimal khususnya jika terpasang alat yang memerlukan pasokan air yang stabil seperti alat pemanas air (water heater).

Sebelum membeli mesin pompa air sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis jenis pompa air dan fungsinya yang tersedia di pasaran agar sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda sedang membutuhkan mesin pompa yang sesuai dengan spesifikasi tertentu, Klopmart menyediakan mesin pompa air jet pump terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga distributor.