29 Mei 2021

Mengenal dan merawat Gobel Blue alias Electrik Blue Acara

Deskripsi

Blue Acara atau di Indonesia lebih di kenal dengan sebutan gobel blue adalah ikan berbentuk oval yang kekar dan padat dengan sirip dubur dan sirip punggung berwarna biru muda. Blue Acara adalah cichlid berukuran sedang yang mencapai sekitar 8 inci atau 20 cm panjangnya dengan rentang hidup sekitar 7 - 10 tahun.

Blue Acara menjadi dewasa secara seksual ketika mencapai ukuran sekitar 2 ½ inci (6,35 cm) dan akan mulai berkembang biak setelah mencapai ukuran 4 inci (10 cm).

Ikan berwarna-warni ini kebanyakan berwarna biru abu-abu dengan berbagai bintik dan garis-garis pada tubuh dan kepalanya. Ada beberapa garis horizontal hijau pada wajah dan keseluruhan sisik hijau kebiruannya membuat tampilan ikan Blue Acara terlihat berkilau. Blue Acara jantan memiliki sirip lebih panjang, sirip punggung lebih cerah dan sirip dubur akan sering melengkung di sekitar sirip ekor.

ikan yang masuk dalam keluarga Cichlids ini memiliki sinar berduri di bagian belakang sirip dubur, punggung, dada, dan sirip perut yang membantu mencegah serangan ikan predator. Bagian depan sirip yang lunak dan sempurna memungkinkan ikan elektrik blue acara mampu berenang cepat dan menghindari lawannya.

  • Ukuran ikan - inci: 7,9 inci (20,07 cm)
  • Umur: sekitar 10 tahun

Kesulitan Merawat Ikan

Electrik Blue Acara adalah cichlid yang mudah cara merawatnya bagi pemula. Ikan ini berukuran kecil dengan panjang tubuh maksimal skitar 20cm saja tidak seperti ikan cichlid lainnya yang bisa besar sehingga tidak membutuhkan tangki yang besar. Selain itu, mereka lebih mudah diberi makan daripada banyak cichlid lainnya dan akan menerima berbagai macam makanan yang diproduksi secara komersial. Kesulitan terbesar dalam merawat ikan ini adalah kebutuhan mereka untuk perubahan air yang relatif sering.

Artikel Menarik lainnya :

Makanan

Electrik Blue Acara merupakan ikan karnivora dan membutuhkan makanan yang memiliki kadar protein tinggi. Di alam liar mereka memakan cacing, jentik nyamuk, dan serangga. Di akuarium bisa berikan makanan hidup seperti cacing darah, cacing tanah, dan tubifex. Mereka juga bisa makan makanan beku (seperti udang air asin atau cacing darah) serta serpihan protein atau tablet. Untuk menghasilkan warna terbaik berikan pakan cacing tanah merah hidup.

Beri pakan 2 hingga 3 kali sehari sedikit-sedikit lebih baik daripada memberi pakan sehari sekali dengan jumlah besar sekali sehari. Memberikan pakan sedikit-sedikit juga akan menjaga kualitas air lebih tinggi dalam waktu yang lebih lama. 'Puasa' satu hari seminggu juga bisa bermanfaat.

  • Flake Food: Ya
  • Tablet / Pelet: Ya
  • Makanan hidup (ikan, udang, cacing): Setengah dari Diet
  • Makanan Sayuran: Setengah dari Diet
  • Makanan Gemuk: Setengah dari Diet
  • Frekuensi Pemberian Makanan: Beberapa kali pemberian makan per hari

Perawatan Akuarium

Blue Acara cukup mudah dirawat yang perlu di perhatikan hanya kondisi air di jaga agar tetap bersih. Akuarium adalah sistem tertutup dan berapapun ukurannya akan membutuhkan perawatan. Dengan akuarium rumah, nitrat dan fosfat menumpuk seiring waktu dan kekerasan air meningkat karena penguapan. Karena ikan ini sangat sensitif terhadap polutan dan ketidakstabilan pH, penting bahwa setidaknya 15-20% dari air tangki diganti setiap minggu, terutama jika tangki diisi dengan banyak ikan. Saat melakukan pergantian air mingguan, pastikan kotoran dalam air juga ikut di bersihkan. Mayoritas masalah yang terjadi dengan akuarium yang di isi ikan tropis biasanya di sebabkan bahan organik yang membusuk.

  • Perubahan Air: Mingguan

Pengaturan Akuarium

Blue Acara akan membutuhkan akuarium minimal 30 galon. Substrat harus dibuat dari substrat berpasir lunak dengan gua-gua yang memadai dan tempat teduh bagi ikan untuk bersembunyi jika stres. Agar lebih alami tambahkan daun kering yang akan membawa koloni mikroba alami saat daun membusuk. Koloni-koloni mikroba ini juga akan menjadi sumber makanan yang sangat penting jika ada benih apa pun yang mungkin muncul. Ikan-ikan cichlids termasuk elektrik blue acara ini senang menggunakan tanaman untuk mendapatkan perlindungan dan naungan ekstra, tetapi mereka dikenal suka menggali tanah/media tanam sehingga yang terbaik adalah memiliki tanaman mengambang tanam tanaman yang memiliki akar kuat sehingga tanaman tidak mudah mengambang. Sinar matahari alami akan membantu menghasilkan warna yang terbaik, selain dari pakan alami ikan ini. Blue Acara menyukai arus air yang kuat, maka menggunakan powerhead atau pompa air dengan arus yang kuat akan sangat baik untuk ikan ini.

  • Ukuran Tangki Minimum: 30 gal (114 L)
  • Tipe Substrat: Pasir
  • Kebutuhan Pencahayaan: moderat - normal - Memaparkan ikan pada sinar matahari alami dalam jumlah terbatas selain pencahayaan normal mereka dapat membantu memunculkan dan meningkatkan presentasi warna ikan.
  • Suhu: 72,0 hingga 85,0 ° F (22,2 hingga 29,4 ° C)
  • Suhu Pembiakan: 76.0 ° F
  • Rentang ph: 6.5-8.0
  • Kisaran Kekerasan: 3 - 20 dGH
  • Payau: Kadang-kadang - Dapat mentoleransi salinitas rendah sekitar 10% dari salinitas akuarium air asin normal, tetapi tidak mengatur payau penuh.
  • Gerakan Air: Kuat
  • Wilayah Air: Semua

Perilaku Sosial

Elektrik Blue Acara biasanya hanya dipelihara dengan ikan berukuran serupa lainnya. Meskipun tidak terlalu agresif, Elektrik Blue Acara bersifat monogami dan akan berpasangan. Mereka menjadi teritorial dan agresif ketika pemijahan dan juga dapat menggali dan merusak tanaman pada waktu itu. disarankan untuk memelihara ikan besar lain yang tidak agresif sebagai teman di dalam akuarium. Sebagai contoh, mereka dapat di pelihara bersama Discus, Ramirezi, Angelfish atau Manfish, dan cichlid yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan lainnya.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: