15 Juli 2021

Penyebab warna air kolam atau aquarium hijau dan cara mengatasinya

Saat artikel ini di buat kondisi negara Indonesia sedang tidak baik-baik saja, lonjakan covid 19 sangat pesat setiap harinya. Masyarakat di minta untuk di rumah saja, bahkan banyak para pekerja yang mulai bekerja dari rumah.


Di saat banyak orang harus di rumah salah satu kegiatan adalah memelihara ikan hias. Selain menjadi salah satu hobi yang menyenangkan melihat ikan hias di kolam maupun akuarium ternyata bisa untuk meredakan dan menghilangkan stres. Penulis sendiri pulang bekerja biasanya menyempatkan diri melihat ikan-ikan yang di pelihara kolam dan akuarium yang ada di depan rumah sebelum masuk rumah. hehehe.

Namun sayang bagi sebagian orang yang baru memelihara ikan di kolam maupun akuarium di hadapkan dengan warna air hijau, yang tadinya ingin melihat ikan berlarian di kolam atau akuarium jadi tidak kelihatan karena airnya yang tidak jernih, bahkan berwarna hijau pekat. Ada beberapa penyebab kenapa warna air hijau berikut di antaranya :

1. Paparan Sinar Matahari Secara Langsung.


Jika sobat membuat kolam baru outdoor atau di luar ruangan dan kolam tersebut langsung terkena sinar matahari atau meletakkan akuarium di teras depan rumah dan akuarium tersebut terkena sinar matahari langsung biasanya dalam waktu skitar 4-7 hari akan mendapati warna airnya menjadi hijau. Warna air hijau ini menandakan bahwa kandungan oksigen air bagus dan menyebabkan tumbuhnya lumut yang membuat warna air hijau.

Cara mengatasi warna air hijau tentu saja pindahkan akuarium ke tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terus untuk kolam yang sudah terlanjur di buat bagaimana? tenang tidak perlu membongkar kolam yang sudah di buat. Untuk mengurangi paparan sinar matahari secara langsung bisa membuatkan atap sebagai tempat "berteduh" kolam. Intinya meminimalkan paparan sinar matahari secara langsung ke kolam.


Lampu UV juga bermanfaat untuk mengurangi atau "membunuh" lumut yang ada di kolam, Lampu UV ini di tempatkan ke chamber atau tempat filter di urutan terakhir. Lampu UV ini berbada dengan lampu-lampu kolam atau akuarium biasanya. Ada beberapa manfaat menggunakan lampu UV untuk lebih jelasnya bisa di simak dengan klik di sini.

2. Efek Lampu Aquascape


Biasanya ini terjadi di akuarium yang menggunakan lampu atas atau yang biasa digunakan untuk aquascape, lampu yang biasa digunakan ini memiliki compact flourescent sekitar 10000 k. Jika Lampu ini dinyalakan di akuarium tanpa tanaman air akan membuat warna air menjadi hijau ini akibat dari terlalu lama lampu dinyalakan. Lampu yang memiliki compact flourescent 10000 k dinyalakan maksimal 4 jam perhari untuk mengurangi pertumbuhan lumut.


Jika memiliki akuarium tanpa tumbuhan hidup didalamnya, ada baiknya menggunakan lampu aquarium celup saja agar lumut tidak  mudah tumbuh di dalam akuarium apalagi menempel di kaca yang pastinya akan membuat tumbuh jamur kaca.

Selain mengurangi pencahayaan pada kolam atau akuarium bisa juga dengan menggunakan cairan anti lumut atau cairan penjernih air yang banyak dijual di toko-toko ikan hias, cairan anti lumut ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan lumut di kolam sedangkan cairan penjernih air hany berfungsi untuk menjernihkan air tidak menghambat pertumbuhan lumut.

Jika sobat mengalami hal yang sama di atas semoga solusi untuk mengurangi alga atau lumut di atas dapat di aplikasikan ke dalam kolam maupun akuarium sobat. Terimakasih sudah berkunjung ke blog lovedfish.com.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: