1 November 2018

Ikan Hias Leporinus

Ikan Hias Leporinus, Selamat datang di blog LovedFish.com ikan hias yang akan kita bahas kali ini merupakan ikan yang berasal dari Lembah Amazon di Amerika Selatan, kenapa ikan Leporinus, kebetulan saat membuat artikel ini penulis sedang memiliki ikan jenis ini dan penasaran juga selama sekitar 8 tahun penulis berkecimpung di dunia ikan baru kali ini melihat ikan jenis ini, hehehe mungkin penulis kurang update ini soal ikan Leporinus ini. Ikan yang memiliki bentuk bulat panjang dengan warna belang hitam oranye ini di sebut Banded Leporinus atau juga di kenal dengan Leporinus Fasciatus. Tidak ada catatan secara detail mulai kapan ikan ini masuk di pasaran Indonesia.

Merawat Ikan Leporinus

Ukuran panjang ikan Leporinus bisa mencapai 30cm, untuk usia dewasa sekitar ukuran 15cm, untuk ikan Leporinus dewasa biasanya memiliki setrip di tubuhnya berjumlah 10, ciri lain dari ikan ini adalah adanya garis warna kuning di kepala tepatnya terletak di bawah mata bagian samping kiri dan kanan, garis kuning ini memanjang dari ujung mulut hingga sirip insang. Usia ikan Leporinus bisa mencapai 10 tahun.

Sama seperti ikan tropis lainnya ikan Leporinus ini dapat bertahan hidup dengan kondisi pH air di antara 5.5 - 7.5 dan kondisi suhu air di kisaran 22°C - 26°C. Ikan Leporinus terlihat tenang di dalam akuarium tapi akan bergerak secara agresif jika ada gangguan, saat di pelihara di dalam akuarium dan keadaan gelap ikan Leporinus biasanya akan lompat, jadi sangat di sarankan kalau sobat pencinta ikan hias ingin memelihara ikan ini di dalam akuarium jangan lupa di beri penutup bagian atasnya supaya jika ikan lompat tidak keluar dari akuarium.

Perawatan ikan Leporinus tidaklah rumit karena daya tahan ikan ini yang cukup kuat, lakukan perawatan akuarium dengan membersikan bagian filter akuarium setiap 2-3 minggu sekali, lakukan pergantian air secara berkala sebulan sekali. Dalam mengganti air jangan 100% air dalam akuarium di ganti sisakan 40-50% air sehingga ikan tidak kaget dengan kondisi air yang baru dan mudah beradaptasi dengan kondisi air, karena pada saat mengganti air kondisi keasaman air (pH) pasti akan berubah.

Untuk pakan ikan Leporinus dapat berupa ikan kecil, algae, undang laut atau cacing sutra. Saya sendiri saat memelihara ikan ini biasanya saya kasih makan ikan kecil atau kadang bangkai ikan yang baru mati juga saya berikan untuk santapan ikan Leporinus. Ikan ini sangat agresif ketika lapar dan ada baiknya tidak di campur dengan ikan lainnya, karena akan menjadi santapan leporinus.

Bagi sobat pencinta ikan hias yang ingin memelihara ikan Leporinus di anjurkan untuk merawatnya dalam akuarium ukuran (P*L*T) 100x50x50, karena ukuran ikan yang bisa mencapai 30cm dan agresifitas ikan ketika di ganggu. Untuk harga ikan sendiri di kisaran Rp 60.000 - Rp 100.000. Harga di pasar ikan bisa berbeda-beda tergantung ukuran ikan.

Terimakasih sudah mampir ke blog kami semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: