17 November 2023

Mengenal dan Merawat Ikan Garra Rufa

Banyak yang menyebut mereka dengan ikan terapi, ikan dokter, ikan pedikur atau garra merah. Terkenal karena kemampuan mereka memakan sel kulit mati yang ada di tubuh manusia. Ikan ini bukan sekedar ikan hias namun lebih ke ikan terapi yang biasa di gunakan di klinik atau tempat wisata air.

Meskipun sering di sebut ikan dokter atau ikan terapi, penggunaan ikan sebagai perawatan spa bagi masyarakat luas masih banyak diperdebatkan berdasarkan kemanjuran dan validitasnya. Terapi yang biasa di gunakan adalah dengan mencelupkan kaki atau tangan ke dalam kolam atau akuarium, kemudian ikan garra rufa akan memakan sel kulit mati di tubuh kita.

Termasuk dalam spesies ikan mas dari Asia Barat, negara-negara yang tercatat sebagai asal dari ikan garra rufa ini di antaranya Turki, Suriah, Irak dan Iran. Beberapa tempat asal mereka ditemukan adalah lembah sungai Kızıl, Seyhan, Ceyhan, Orontes, Queiq, Yordan, Tigris–Efrat, Kor dan Mond.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Cyprinidae

Jenis

G. Rufa

Deskripsi

Garra Rufa biasanya mampu tumbuh hingga mencapai panjang 14 sentimeter dalam perawatan di rumah baik di akuarium maupun kolam akan tetapi ukuran standar dewasa 10-12 sentimeter, sedangkan jika mereka hidup di alam liar bisa mencapai ukuran panjang sekitar 24 sentimeter.

Ikan Garra Rufa cenderung mendiami hulu sungai dan anak sungai dengan arus air yang deras, waduk atau danau yang dalam, namun habitat yang mereka sukai adalah air sungai yang jernih dengan pancaran sinar matahari yang cukup dan beberapa kayu apung atau tenggelam yang memiliki lapisan biofilm.

Biofilm adalah kumpulan sel mikroorganisme, khususnya bakteri, yang melekat di suatu permukaan dan diselimuti oleh pelekat karbohidrat yang dikeluarkan oleh bakteri. Biofilm terbentuk karena mikroorganisme cenderung menciptakan lingkungan mikro dan relung mereka sendiri.

Ikan Garra Rufa merupakan ikan yang gemar lompat keluar jadi di perlukan penutup yang baik di bagian atasnya. Mereka juga senang makan algae jadi tidak di sarankan untuk akuarium baru yang belum siap secara biologis.

Ukuran Akuarium, Pompa Air dan Pencahayaan

Ikan komunitas dengan ukuran akuarium 120*45*50 di rekomendasikan untuk merawat mereka. Akuarium harus tinggi karena kebiasaan ikan garra rufa yang suka lompat. Akuarium yang besar ini juga di senangi ikan garra rufa karena mereka yang aktif bergerak. Dengan akuarium yang besar mereka merasa bisa bergerak bebas.

Jenis ikan mas termasuk ikan garra rufa merupakan perenang aktif dan menyukai arus deras. Untuk itu siapkan pompa air dengan keluaran yang cukup tinggi sehingga menciptakan arus yang besar di akuarium atau kolam. Untuk contoh akuarium di atas sobat lovedfish bisa menggunakan pompa air dengan keluaran 2000 - 2500 liter per jam, atau jika di konversi dengan seri pompa air sobat lovedfish bisa menggunakan mesin dengan seri 2500, 2600, 3800, 3900, 104, 105.

Sinar lampu warna kuning atau putih membuat ikan garra rufa nyaman, mengingat di alam liat mereka biasa berenang di air yang jernih dengan pancaran sinar matahari yang cukup. Kesalahan yang sering di lakukan sobat pecinta ikan hias adalah dengan menyalakan lampu 24 jam sehari, ini tidak baik bagi ikan dan lampu sendiri.

Saat ini lampu yang di jual sudah menggunakan LED, seringnya terjadi kasus yang yang nyala 24 jam dalam waktu 2 bulan LED sudah mati karena terbakar (gosong) LED menjadi hitam dan tidak nyala lagi. Lebih baik lampu di nyalakan sekitar 6-8 jam sehari.

Dekorasi Akuarium

Tampilan akuarium atau kolam yang ditata menyerupai aliran sungai membuat mereka nyaman karena merasa tinggal di habitat asal, dengan substrat batu yang berukuran bervariasi dan di terjang arus air sehingga membentuk percikan, tambahan pasir atau kerikil halus dan mungkin beberapa kayu tenggelam atau apung. Tambahan tanaman yang mengakar kuat juga sangat bagus untuk memberikan suasana natural atau alami.

Kondisi Air

Ikan garra rufa merupakan ikan yang senang dengan kondisi air dingin, soabt lovedfish yang tinggal di daerah panas perlu perawatan khusus dan tambahan alat yang bisa menjaga air di suhu 14 – 20 °C. Ikan garra rufa bukan merupakan spesies tropis jadi yang di perlukan adalah menjaga kondisi air tetap dingin.

Untuk pH air standar di 6,0 – 8,0 dengan tingkat kekerasan 18 – 268 ppm.

Penyakit Ikan

Meskipun pada dasarnya ikan garra rufa merupakan ikan yang mudah dalam perawatan, penyakit pasti bisa datang karena perubahan suhu yang drastis, kondisi kolam atau akuarium yang tidak bersih atau faktor lainnya seperti menambahkan ikan baru yang membawa penyakit atau bakteri.

Iklim tropis di Indonesia yang rata-rata suhu air bisa mencapai 28-30 °C mungkin yang perlu di Waspadai jika sobat lovedfish tinggal di daerah bawah. penyakit dari perubahan suhu ini bisa menyebabkan stress dan rentan white spot. Penyakit ini rentan menyerang ikan hias terutama ikan mas. meskipun sekarang pengobatan relatif mudah dan cepat namun jika telat dalam penanganan maka resiko terbesar adalah kematian massal. Obat dengan kandungan methylene blue menjadi obat ampuh untuk memberantas white spot.

Makanan Ikan

Meskipun sebagai ikan terapi yang akan memakan kulit mati dan pemakan algae yang tersedia, ikan garra rufa bukan merupakan herbivora yang aktif. Berikan mereka makanan yang banyak di jual di toko-toko ikan hias seperti cacing beku atau kering, udang kering atau beku akan sangat di hargai mereka.

Selain makanan dengan unsur daging mereka juga akan memakan buah maupun sayuran. Rebusan bayam, mentimun cacah, atau sayur-sayuran segar dan buah-buahan juga akan mereka makan, yang penting dalam pemberian pakan ikan tidak berlebih sehingga aman untuk ikan. Pemberian pakan berlebih bisa memicu penyakit bagi ikan.

Perilaku Sosial

Garra rufa merupakan ikan yang damai untuk tangki komunitas, mereka bisa di gabung dengan sesama ikan mas, atau dengan ikan pemakan algae lainnya. Mereka cenderung akan bertengkar sesama garra rufa jika di tempatkan dalam akuarium kecil dengan jumlah ikan yang banyak.

Jika di pelihara sendiri garra rufa juga akan menunjukkan perilaku agresif terhadap ikan lain yang memiliki bentuk serupa, jika sobat lovedfish ingin memelihara garra rufa sebaiknya dalam akuarium besar pelihara garra rufa minimal 5 ekor agar perilaku mereka tidak agresif.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Red_garra
https://www.seriouslyfish.com/species/garra-rufa/#google_vignette

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: