27 Agustus 2019

Langkah Awal Memelihara dan Merawat Ikan Koi Dalam Kolam


Sumber
Selamat datang di lovedfish.com, sobat pencinta ikan hias pasti tidak asing dengan ikan yang satu ini. Yaps koi ikan hias yang berasal dari jepang ini memiliki penggemar sendiri untuk dijadikan hiasan di kolam teras maupun belakang rumah. Meskipun banyak yang sudah mengetahui ikan koi tapi cara merawat ikan koi masih jarang di ketahui oleh penggemarnya. Selain sebagai hiasan di dalam rumah tidak sedikit masyarakat yang percaya bahwa ikan koi juga sebagai ikan pembawa hoki atau keberuntungan, sobat pencinta ikan hias termasuk yang mempercayai bahwa ikan koi membawa hoki bagi pemiliknya?

Untuk harga ikan hias sangat bervariasi mulai dari ribuan hingga jutaan biasanya perbedaan harga terletak di keindahan corak warna ikan, jika sobat akan menambah koleksi ikan sobat ada baiknya sobat mengetahui dulu cara merawat ikan koi ini sehingga uang yang sudah sobat keluarkan tidak terbuang sia-sia karena kurangnya pengetahuan tentang cara merawat ikan koi.

1. Siapkan Kolam Ikan Koi.
Keindahan ikan koi berada pada variasi warna punggung koi maka ada baiknya sobat yang ingin merawat ikan koi sediakan kolam untuk tangki pemeliharaannya, ikan ini kurang bagus jika di dilihat dari samping jadi kurang tepat jika ikan koi di pelihara dalam aquarium. Ukuran kolam ikan koi akan lebih bagus jika memiliki kedalaman air 50-100cm.

Pastikan kolam untuk merawat ikan sudah bebas dari bau semen karena jika kolam baru langsung di masukkan ikan bisa di pastikan ikan tidak akan bertahan lama. Sobat bisa baca artikel "Kenapa Ikan Yang Pelihara di kolam mudah mati?" sebagai referensi.

2. Pilih Koi Yang Sehat.
Jika sobat beli ikan koi yang sehat sudah pasti akan meringankan sobat dalam merawat ikan koi, pastikan ikan koi yang sobat beli tidak lesu atau menyendiri warna sisik cerah tidak ada bercak darah atau ada seperti selaput di tubuhnya. Silahkan sobat baca artikel "Ciri-ciri Ikan Sehat" untuk lebih detail-nya. Dalam memelihara ikan koi sesuaikan jumlah ikan dengan ukuran kolamnya, jangan overload istilahnya.


Koi Slayer
Catatan buat sobat pencinta ikan hias penulis beberapa kali mendapat cerita dari para penghobies ikan hias jika ikan yang di pelihara mati setelah beli ikan baru, perlu di perhatikan jika sobat pencinta ikan hias beli ikan untuk tambahan ikan yang sudah ada maka sebisa mungkin ikan yang sobat beli tidak sakit atau membawa penyakit, bisa sobat karantina dulu ikan yang baru di beli dengan obat ikan yang memiliki kandungan metaline blue atau obat jamur lainnya. Perhatikan juga apakah ada kutu atau parasit sejenis jarum ikan di dalam tubuh ikannya.



3. Berikan Pakan Yang Berkualitas.
Makanan ikan yang di jual di pasaran ada bermacam-macam, mulai dari yang murah sampai mahal jika menginginkan ikan yang sobat rawat sehat, warna ikan bagus, pertumbuhan ikan juga bagus pastikan pakan ikannya berkualitas, untuk pakan ikan koi ada beberapa jenis diantaranya untuk pertumbuhan ikan, untuk warna ikan dan untuk membentuk tubuh ikan. Sobat bisa pilih dan kombinasi kan sesuai kebutuhan ikan sobat. Berikan pakan ikan 2-3 kali sehari secukupnya, karena terlalu banyak pakan juga tidak baik buat ikan yang sobat pelihara. Pastikan pakan ikan habis dalam 5-10 menit, jika masih ada sisa makanan bisa sobat bersihkan dengan serok. Saya pernah bertanya kepada orang yang fokus di pemijahan dan pembesaran ikan katanya waktu terbaik dalam memberi makan ikan pagi antara jam 06:00-09:00 dan sore antara jam 17:00-19:00. Bisa sobat coba tuh memberi makan di antara waktu itu dan lihat pertumbuhan ikannya.

4. Jaga Kualitas Air.
Koi Ogon Platinum
Menjaga kualitas air agar tetap bagus menjadi syarat utama agar ikan koi yang sobat rawat tetap sehat. Bersihkan media filter setiap 2-3 minggu sekali, jangan lupa bersihkan juga pipa saluran air. Ganti sebagian air dengan air yang baru merupakan salah satu langkah demi menjaga kualitas air agar tetap bagus. Jaga Suhu air berkisar antara 23 sampai 25 C, pH air berkisar antara 7,2 sampai 7,5. Oksigen yang di butuhkan berkisar 3,6 pm. Dengan menjaga kualitas air pastinya kolam yang terawat airnya kelihatan jernih dan ikan-ikan koi yang sobat pelihara akan tetap sehat.


Semoga informasi yang penulis sajikan bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias terutama ikan koi, jangan lupa bagikan artikel ini kepada sesama pencinta ikan hias atau jika sobat memiliki referensi lain tentang perawatan ikan koi bisa tuliskan pengalaman sobat di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: