28 Agustus 2023

Mengenal dan Merawat Ikan Molly

Molly merupakan ikan hias yang memiliki ukuran kecil penuh warna dan bentuknya yang imut, anak-anak akan dengan mudah menyukai ikan ini karena salah satu jenis molly yang di kenal dengan ikan balon atau marble sangat mudah beranak.

Mereka cukup populer karena perawatan nya yang mudah dan jenisnya yang beragam dan memiliki ikan molly biasanya menjadi pilihan utama penghobi selain ikan mas. Meskipun mudah dalam merawat ikan molly, admin menyarankan untuk tetap meng'eksplore' tentang ikan molly ini.

Deskripsi

Ikan molly merupakan ikan air tawar dari keluarga Poeciliidae, masuk dalam keluarga ini diantaranya ikan platy dan guppy. Ikan molly sendiri memiliki beberapa jenis di antaranya black molly, golden black, molly ballon, molly dalmation dan beberapa jenis lainnya.

Ikan yang berasal dari benua Amerika mulai dari Amerika Serikat, Selatan hingga Colombia ini dapat di temukan di air tawar, air payau bahkan air asin. Baiknya tingkat adaptasi ikan molly ini membuat mereka layak untuk di pelihara sobat lovedfish.

Ukuran ikan dewasa bisa mencapai 13cm, namun dalam perawatan di akuarium kecil dengan makanan pelet kemungkinan tidak bisa mencapai ukuran tersebut, standar perawatan di akuarium mereka hanya di 5-7cm. Kemampuan bertahan hidup hingga 5 tahun dan proses reproduksi yang cepat juga menjadikan mereka salah satu daya tarik untuk memelihara di rumah.

Ukuran Akuarium

Akuarium kecil dengan ukuran minimal 40*25*30 di rasa sudah cukup untuk menampung 10 ekor molly, jika ingin lebih baik lagi di sarankan ukuran akuarium 50*30*35 dengan filterasi yang tidak terlalu kencang akan membuat mereka nyaman tinggal di dalam akuarium.

Kondisi Air

Seperti di jelaskan sebelumnya jika ikan molly bisa bertahan hidup di berbagai kondisi air, maka untuk memelihara mereka di rumah tidak memerlukan kondisi air secara khusus. Ikan molly mampu dan mudah beradaptasi. Suhu ideal untuk merawat mereka di angka 22–25°C, namun ada beberapa ikan molly yang mampu bertahan di suhu hingga 27°C. Sedangkan tingkat pH air ada di kisaran 7,5 hingga 8,5 dan tingkat kekerasan air 20 hingga 30 KH.

Garam ikan tidak menjadi faktor utama untuk menjaga dan merawat kesehatan ikan molly, bahkan sobat lovedfish dapat mengabaikan garam ikan untuk merawat mereka. Ikan molly akan baik-baik saja hidup di lingkungan dengan air tawar murni tanpa tambahan garam ikan.

Pengaturan Akuarium

Ikan molly biasa berenang dan menghabiskan waktu di bagian tengah dan atas akuarium, mereka jarang sekali turun dan berlama-lama di bawah dekat substrat atau dasar akuarium. Kecuali mereka sedang sakit dan atau terserang jamur. Ada beberapa ikan molly yang akhirnya turun ke bawah karena serangan penyakit.

Untuk lampu sebagai pencahayaan akuarium molly bukan ikan yang ribet masalah itu, mereka tidak pilih-pilih terhadap pencahayaan, terang maupun gelap tidak masalah bagi mereka. Namun jika sobat lovedfish merawat tanaman di dalam akuarium yang memerlukan cahaya maka sobat bisa menyesuaikan cahaya yang di perlukan tanaman untuk tetap tumbuh subur dan baik.

Ukuran pompa air dan filter akuarium juga perlu sobat perhatikan. Molly merupakan ikan penghasil kotoran yang cukup banyak maka di perlukan pompa yang kuat untuk menyaring kotoran agar akuarium tetap bersih. Kadar amonia dan nitrat bisa meningkat cepat jika filter tidak maksimal.

Merawat Ikan

Molly merupakan ikan yang tangguh, damai dan rukun terhadap ikan lainnya. Mereka biasa hidup berkelompok, jadi jika sobat lovedfish ingin memelihara mereka setidaknya tempatkan minimal 5 ikan molly dalam satu akuarium.

Mereka akan bergerak bersama dalam satu kesatuan untuk menjelajah akuarium area tengah dan area atas. Mereka biasa bermain di daerah dengan beberapa daun dan tanaman, maka ketika sobat lovedfish merawat mereka di akuarium perlu menciptakan kondisi akuarium semirip mungkin dengan habitat asal ikan.

Tambahkan beberapa tanaman dengan dasar atau substrat pasir serta bebatuan kecil untuk mempercantik akuarium. Tanaman dengan akar yang tidak terlalu kuat masih aman di tempatkan dalam akuarium karena ikan molly jarang berenang di area bawah akuarium.

Tanaman seperti Java Moss untuk dasar akuarium dan anubias atau java fern bisa menjadi pilihan untuk mereka. Selain untuk bermain ikan molly, tanaman itu juga bisa sebagai tempat berlindung dari sorotan lampu atau kejaran ikan lain. Gua-gua kecil juga bisa di tambahkan untuk mereka berlindung.

Penyakit Ikan

Penyakit yang umum menyerang ikan air tawar, termasuk ikan molly adalah ich, infeksi bakteri yang biasa menyerang sirip, cacingan bahkan parasit dan kutu jarum atau argulus. Obat-obatan anti biotik maupun methaline blue sangat efektif untuk menjaga dan melindungi ikan dari serangan penyakit.

Penyakit ikan molly khususnya molly balon biasanya sembelit atau bisa di lihat kondisi dubur ikan putih bengkak. Biasanya penyakit ini hanya menyerang molly balon meskipun tidak menutup kemungkinan (tapi jarang terjadi) menyerang jenis molly lainnya.

Tanda umum ikan terserang penyakit diantaranya warna ikan kusam dan atau nafsu makan berkurang, Terlihat jamur atau selaput di sebagian tubuh atau mulut ikan, sirip ikan yang mulai terkikis, lesu mulai turun sampai ke dasar dan enggan berenang.

Jika terjadi ciri-ciri umum tersebut sobat bisa pisahkan ikan yang sakit untuk di berikan obat dan akuarium perlu di bersihkan dan di berikan antibiotik untuk ikan.

Makanan Ikan

Di alam liar, ikan molly memakan invertebrata kecil dan tumbuhan seperti alga. Beri makan molly dengan makanan yang sama di dalam akuarium untuk memastikan ikan mendapatkan nutrisi penting dari makanannya.

Meskipun alga merupakan makanan pokok bagi molly akan tetapi mereka bukan pemakan yang handal, sobat dapat melihat mereka menempelkan bibir mereka pada batu atau area lain yang terdapat alga. Karena mereka bukan pemakan handal perlu tambahan makanan yang cukup agar mereka tumbuh dengan baik dan sehat.

Pelet ikan dengan ukuran micro dapat di tambahkan untuk pakan, bahkan bayam atau sayur yang haluskan bisa di jadikan makanan untuk mereka. Molly juga menyukai cacing darah hidup atau beku, daphnia, dan udang air asin. Berikan mereka pakan 2 kali sehari secukupnya untuk di habiskan dalam 2-5 menit. Pastikan sisa makanan untuk di angkat dan di bersihkan dari akuarium agar tidak menjadi penyakit bagi mereka.

Perilaku Sosial

Ikan Molly merupakan ikan yang damai dan santai mereka dapat berkumpul dengan ikan kecil lainnya yang memiliki karakter yang sama. Seperti di jelaskan sebelumnya kalau molly merupakan ikan yang hidup berkelompok maka perhatikan jumlah ikan molly yang sobat pelihara dan sebisa mungkin dalam satu kelompok mereka memiliki jenis yang sama misal dalam satu akuarium sobat pelihara molly balon maka peliharalah setidaknya 5 ekor molly balon.

Mereka akan bersama-sama mengelilingi akuarium dan setelahnya mereka akan beraktifitas sendiri-sendiri. Jika sobat ingin akuarium komunitas banyak jenis ikan yang bisa di campur dengan mereka diantaranya Cherry Barb, Rosy Barb, Zebra Danio, Sapu-sapu atau pleco, Beberapa ikan botia, hampir semua jenis tetra juga aman bersama molly, Rasbora.

Ikan predator dan jenis cichlid tidak cocok dengan ikan molly apalagi karakter mereka yang suka menggigit. Siput dan udang hias secara umum aman jika di campur dengan ikan molly yang perlu di perhatikan adalah anakan udang yang bisa di santap ikan molly atau ikan lainnya dalam komunitas.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Poecilia
https://www.aquariumsource.com/molly-fish/
https://www.fishkeepingworld.com/molly-fish

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: