18 Juli 2018

Mengenal Ikan Serpae Tetra dan Cara Merawat Ikan.

Ikan Serpae Tetra. Selamat datang dan Terimakasih sudah mengunjungi blog lovedfish.com. Kali ini kami bagikan info tentang ikan hias Serpae Tetra, mungkin sobat pencinta ikan hias tidak familiar dengan ikan ini, karena di kalangan pedagang ikan hias ikan ini biasa di sebut Serve. Yap ikan hias Serve juga memiliki nama ilmiah Hyphessobrycon sweglesi nama "sweglesi" sendiri di sematkan untuk menghormati distributor ikan tropis Kyle Swegles (Rainbow Aquarium, Chicago, Illinois, USA).

Ikan serve bukanlah asli Indonesia ikan ini berasal dari amerika selatan,  tepatnya di daerah aliran sungai Río Orinoco di Kolombia (departemen Meta, Casanare, Arauca, Vichada, dan Guainía) dan Venezuela (negara bagian Amazonas, Apure, Guárico, dan Bolivar). Serpae memiliki kebiasaan berenang di tengah-tengah air dan seperti kebanyakan ikan dari keluarga tetra ikan ini juga suka hidup berkelompok, dalam setiap kelompok bisa terdiri dari 7 ikan atau lebih.

Kondisi suhu air untuk ikan ini di kisaran 20-28 derajat celcius dan tingkat keasaman air/pH di 4,5-7,5. Ukuran standar tubuh Serpae antara 2-3,5cm dengan panjang tubuh maksimal 4cm, meskipun ukuran ikan ini kecil tapi idealnya ikan ini di tempatkan dalam aquarium yang besar, paling tidak ukuran aquarium di atas 80x30, jumlah ikan juga jangan terlalu sedikit mengingat karakter ikan yang suka berkelompok. Palet ikan bisa diberikan sebagai pakan, ada baiknya sesekali di kasih pakan cacing beku atau jentik nyamuk tau damia dll sebagai pakan alami ikan ini.

Ikan sejenis tetra yang lain juga dapat di campurkan menjadi satu dalam aquarium, seperti ikan Sumatra, Buenos, Zebra Danio, jenis ikan platy juga bisa di campur dalam satu aquarium dengan Serpae. Jika sobat punya ikan koki di rumah sebaiknya jangan di campur dengan ikan ini hehe kasian nanti kokinya mati di gigitin sama Serpae.

Untuk perawatan aquarium hampir sama seperti ikan-ikan yang lain setidaknya selalu jaga kebersihan aquarium dan ganti 50-80% air dalam aquarium dengan yang baru secara berkala setidaknya satu bulan sekali. Untuk hiasan alam seperti batu, pasir atau batang kayu sangat cocok untuk ikan ini sebagai tempat bermain dan bersembunyi.

Harga ikan ini di pasaran lokal cukup murah sekitar Rp. 2.000 - Rp 3.000 rupiah saja untuk ikan ukuran sekitar 1,5-2 cm, bahkan saat penulis tanya-tanya harga di salah satu toko ikan hias ada juga yang jual dengan harga 1.500. Kalau sobat pencinta ikan hias pinter nawar mungkin harganya bisa turun apalagi kalau beli partai besar harganya pasti lebih murah lagi.

itu tadi informasi tentang ikan Serpae semoga bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias, referensi di atas selain dari pengalaman penulis sendiri informasi juga di dapat dari www.seriouslyfish.com/species/hyphessobrycon-sweglesi/ dan komunitaspenyuluhperikanan.blogspot.com/2013/11/budidaya-ikan-red-phantom-tetra. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sesama pencinta ikan hias agar memberi manfaat bagi yang lain juga.


Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: